Selasa, 27 Maret 2012

On 20.45 by keysara   No comments
 

TAHAP-TAHAP GANGGUAN KEJIWAAN

Timbulnya Gangguan Jiwa

Dokter Heriani, Sp.K.J., seorang dokter ahli jiwa dari RSCM Jakarta, menjelaskan bahwa ada tiga faktor gangguan kejiwaan, yakni biologis, psychoeducational dan sosial budaya. "Ketiga hal ini secara umum menjadi basic timbulnya gangguan jiwa pada seseorang. Gangguan jiwa akan langsung muncul apabila terpicu oleh beberapa sebab, stressor, misalnya tertimpa musibah, mengidap penyakit maupun faktor sosial lain," jelas dr. Heriani kepada Era Baru.


Masing-masing orang memiliki perbedaan dalam penyebabnya. Ketiga faktor tersebut mempunyai keterkaitan satu sama lain. Orang yang mempunyai faktor keturunan (genetik) atau biologis, sejak lahir jiwanya sudah rentan sehingga mudah goncang jika menghadapi masalah, orang sering menyebutnya gila turunan. Masalah dalam konteks ini bisa berarti masalah ringan maupun masalah yang berat. Tentu saja apabila menghadapi malapetaka yang berat, mental yang bagaimanapun kuatnya pasti akan mengalami goncangan, misalnya saja tragedi ledakan bom di Hotel Marriot. Sangatlah wajar setiap orang akan tergoncang mentalnya dan tentu saja meninggalkan trauma panjang yang mempengaruhi keadaan jiwanya.


Gangguan jiwa dapat pula timbul terpicu oleh faktor psychoeducational. Faktor ini terjadi karena adanya kesalahan dalam proses pendidikan anak sejak kecil, mekanisme diri dalam memecahkan masalah. Konflik-konflik di masa kecil yang tidak terselesaikan, perkembangan yang terhambat serta tiap fase perkembangan yang tidak mampu dicapai secara optimal dapat memicu gangguan jiwa yang lebih parah. "Seorang anak yang sering dikasari, disiksa, dan perlakuan buruk lainnya akan terpengaruh jiwanya. Sikap keadaan yang diterimanya akan menimbulkan ketakutan yang berkepanjangan," kata dr. Heriani.


Indikasinya adalah tingkah lakunya di luar kebiasaan orang normal, setiap tindakannya membahayakan dirinya sendiri maupun orang lain. Ia terhalusinasi oleh suara-suara yang mempengaruhinya. Hal ini yang mengakibatkan penderita ini menjadi agresif, suka mengamuk dan membanting-banting barang. Gangguan jiwa semacam ini termasuk ke dalam tingkat gangguan jiwa berat.


Faktor sosial atau lingkungan juga dapat berperan bagi timbulnya gangguan jiwa, misalnya budaya, kepadatan populasi hingga peperangan. Jika lingkungan sosial baik, sehat tidak mendukung untuk mengalami gangguan jiwa maka seorang anak tidak akan terkena gangguan jiwa. Demikian pula sebaliknya. Gangguan jiwa tidak dapat menular, tetapi mempunyai kemungkinan dapat menurun dari orang tuanya. Namun hal ini tidak berlaku secara absolut.




Tahap-tahap gangguan kejiwaan adalah:
A. 
Gangguan kejiwaan nampak dalam gejala-gejala kehidupan si penderita baik jasmani maupun rohaninya
B. 
Usaha mempertahankan diri dengan cam negatif, yaitu mundur atau lari, sehingga cara benahan dirinya salah; pada orang yang tidak menderita gantran kejiwaan bila menghadapi persoalan, justru lekas memecahkan problemnya, sehingga tidak menekan perasaannya. Jadi bukan melarikan diri dan persoalan, tetapi melawan atau memecahkan persoalan.
C. 
Kekalutan merupakan titik patah (mental breakdown) dan yang bersangkutan mengalami gangguan
D. 
Krisis ekonomi yang berkepanja gan telah menyebabkan meningkatnya jumlah penderita penyakit jiwa, terutama gangguan kecemasan.
E. 
Dipicu oleh faktor psychoeducational. Faktor ini terjadi karena adanya kesalahan dalam proses pendidikan anak sejak kecil, mekanisme diri dalam memecahkan masalah. Konflik-konflik di masa kecil yang tidak terselesaikan, perkembangan yang terhambat serta tiap fase perkembangan yang tidak mampu dicapai secara optimal dapat memicu gangguan jiwa yang lebih parah.
F. 
Faktor sosial atau lingkungan juga dapat berperan bagi timbulnya gangguan jiwa, misalnya budaya, kepadatan populasi hingga peperangan. Jika lingkungan sosial baik, sehat tidak mendukung untuk mengalami gangguan jiwa maka seorang anak tidak akan terkena gangguan jiwa. Demikian pula sebaliknya. Gangguan jiwa tidak dapat menular, tetapi mempunyai kemungkinan dapat menurun dari orang tuanya. Namun hal ini tidak berlaku secara absolut.



Marak Pemasungan Penderita Gangguan Jiwa

KOMPAS.com/Junaedi Salah satu penderita gangguan jiwa di Kecamatan Binuang, Polewali Mandar ini dipasung keluarganya karena dinilai mengganggu dan khawatir tersesat.
POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Upaya Pemerintah menyembuhkan ratusan penderita gangguan kejiwaan di Polewali Mandar, Sulawesi Barat mulai membuahkan hasil. Dari 93 penderita kejiwaan yang dikirim ke Rumah Sakit Dadi Makassar, 74 pasien di antaranya kini bisa kembali hidup normal. Selebihnya masih menjalani pengobatan ataupun terapi. Bahkan, ada dua pasien yang tergolong parah, meninggal dunia sebelum akhirnya bisa sembuh.

Namun demikian, keberhasilan ini tak sertamerta menyelesaikan problem sosial di Polewali Mandar. Banyak warga di wilayah ini memilih memasung anggota keluarga yang mengalami gangguan kejiwaan. Alasannya sederhana, jika tidak dipasung mereka akan mengganggu warga, atau sering berpergian jauh hingga tak kembali atau tersesat. Persoalan lain, sebagian warga menganggap penyakit jiwa merupakan 'guna-guna' ataupun kutukan dewa.

Kepala bidang Pelayanan Kesehatan Polewali Mandar, Andi Suaib, Senin (27/2/2012) kemarin menyatakan, pihaknya terus berusaha memberikan pemahaman kepada warga agar para penderita gangguan jiwa itu bisa kembali hidup normal. Pendekatan dilakukan kepada pihak keluarga yang menangani si penderita.

Menurut Saib, mayoritas pasien menderita guncangan kejiwaan di daerahnya adalah akibat putus cinta, perceraian, anak meninggal, konflik rumah tangga dan pemutusan hubungan kerja. Penyembuhannya  tersandung resistensi keluarga, yang umumnya belum memiliki pengetahuan yang cukup untuk membantu penyembuhan keluarga mereka. 
 
http://regional.kompas.com/read/2012/02/28/11245465/Marak.Pemasungan.Penderita.Gangguan.Jiwa. 
 
Untuk mencegah terjadinya gangguan kejiwaan seperti ini, semestinya keluarga adalah faktor penolong utama yang paling mujarab, karena keluarga adalah seseorang yang paling dekat dengan kita, kepribadian tingkah laku sosial semua dibentuk melalui keluarga.
Jika ada seorang keluarga kita yang sedang mengahdapi masalah dan ternayata dy tidak bisa mengatasinya dan mulai timbul gejala gejala seperti depresi maka kita sebagai seorang anggota keluarga harus peka dan mengajak dy share akan masalahnya, membantunya mencari solusi akan masalahnya membantu dy melupakan masalahnya dengan cara membantu mencari aktifitas yang lebih bermafaat untuk dy, dengan seperti itu maka si penderita tidak akan merasa sendiri masih merasa bahwa masih ada yang perduli dengan dy,
dengan mencari aktifitas maka si penderita perlahan lahan mempunyai rutinitas baru dan tidak terlalu memikirkan masalah itu, namun jika memang dengan pendekatan dari keluarga tidak bisa, mungkin harus dibwa berkonsultasi dan terapi di pikolog.
 
 
 

 Keysara Nurani
58411283
1IA07

Kamis, 22 Maret 2012

On 01.16 by keysara   No comments
 Paris ?? paris adalah sebuah kota impian gue, kota yang sampai saat ini masih gue impi-impikan yang masih menjadi salah satu goal dalam hidup gue, entah kenapa gue cinta banget sma kota ini sampai sampai gue pengen stay disana lanjut magister disana, paris itu kota yang indah fashionable dan otomatis romantis. Someday somehow and whatever way i take gue bakal sampe disana dan gue bakal foto disana dengan senyuman gue yang paling indah :D
gue bakal share 5 tempat yang sangat indah di kota ini let's see ^^,

1. Menara Eiffel
http://syanimasinta.files.wordpress.com/2009/06/paris.jpg?w=614
Tempat wisata ini adalah hasil rangkaian 18.083 besi yang dibangun antara 1887 dan 1889. Meski dibangun untuk merayakan seabad revolusi Perancis, pembuatannya sendiri mengundang kritik dari seluruh Perancis. Kalangan seniman menilai tidak adanya keindahan dari Eiffel, sedang para arsitektur mendebat ketahanan angin pada strukturnya. Meski begitu, ikon Perancis ini tetap setia dikunjungi jutaan orang setiap tahun. Mungkin lebih banyak orang yang ingin melihat Paris dari ketinggian 275 meter lewat Dek Observasi, termasuk Tom Cruise yang melamar Katie Holmes di restoran yang terkenal romantis.
2. Arch de Triomphe
http://www.gladeexplorers.com/images/Arch_de_Triomphe.jpg
Di ujung lain Champ Elysee, tempat wisata yang akan agan temukan adalah bangunan menyerupai gapura besar. Arch de Triomphe dibangun Napoleon pada 1806 sebagai simbol kemenangan Perancis. Sayangnya, “Si Pendek” Napoleon keburu digulingkan sebelum bangunan ini rampung didirikan.
3. Champ Elysee 
http://farm4.static.flickr.com/3432/3314424418_b7de6fb208.jpg
Menjadi salah satu kawasan elit di Paris yang digunakan sebagai tempat wisata. Di sini agan akan menemukan etalase berisi barang dan parfum ternama, selain cafe-cafe mahal yang berjejer di sepanjang jalan. Kenyamanan pedestrian juga terjamin, mengingat lebarnya bagian trotoar di sini. Dulunya, bilangan ini pernah digunakan tentara Sekutu untuk berpawai merayakan kemenangan pada PD II.
4. Place de la Concorde 
http://www.gothereguide.com/Images/France/Paris/Place_de_la_Concorde_obelisk.jpg
Lain lagi dengan cerita Place de la Concorde . Tempat wisata yang merupakan alun-alun terluas di Paris ini, dibangun pada 1755 di lahan seluas 86.400 meter. Ciri khas tempat ini adalah monumen dan air mancur. Dulunya, kaum bangsawan tertawa-tawa sambil menonton eksekusi terbuka para penjahat hingga penentang kerajaan. Pasca Revolusi Perancis, ganti wajah-wajah para borjuis itu yang murung menghadapi eksekusi. Nama tempat wisata ini sendiri berubah beberapa kali. Dimulai dari “Place Louis XV”, “Place de la Révolution”, dan terakhir “Place de la Concorde” sebagai simbol rekonsiliasi.
5. Musee Du Louvre
http://artfiles.art.com/5/p/LRG/21/2163/6VCCD00Z/roy-rainford-musee-du-louvre-and-pyramide-paris-france.jpg
Museum Louvre merupakan salah satu museum seni terbesar di seluruh dunia. Jika anda tidak menyukai seni, tetapi ingin memenuhi rasa ingin tahu anda akan lukisan Monalisa (di Paris disebut “la joconde”), atau mungkin tertarik karena buku “The da vinci Code”, anda tetap harus masuk ke museum ini. Dahulu gedung yang dijadikan museum Louvre adalah istana (Palais de Louvre) yang dibangun tahun 1190 dan mengalami tahap penyelesaian menjadi seperti gedung yang terlihat saat ini di tahun 1870. Dan tahun 1989 arsitektur Amerika asal China, I.M Pei membuat piramida kaca yang dijadikan salah satu dari 3 pintu masuk.
Untuk bisa menikmati Museum yang memamerkan lebih dari 35000 obyek seni dari jaman pra-sejarah hingga abad ke-19 ini, anda harus datang pagi-pagi sekitar jam 09.00 karena antrian yang panjang, dan anda pasti tidak akan menyia-nyiakan uang 9 euro anda setelah membayar tiket masuk.

keysara nurani
58411283
1IA07
Tulisan UG 

Rabu, 21 Maret 2012

On 00.44 by keysara   No comments
Cinta Kasih Sayang

Pengertian mengenai cinta :
Cinta adalah sebuah emosi dan kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.

Beberapa Pengertian Mengenai Cinta :
 
Cinta adalah sesuatu yang suci, anugerah Tuhan dan sering tidak rasional. Cinta dipenuhi nuansa memaklumi dan memaafkan. Kesabaran, kesetiaan, pengertian, pemberian dan pengorbanan akan mendatangkan/menyuburkan cinta, sementara penyelewengan, egoisme, kikir dan kekasaran akan menghilangkan rasa cinta.

Sayang adalah satu rasa yg tulus.bukan sekedar rela dan siap melepas seseorang yg kita cintai dan kita sayangi.tulus untuk mencintai dan sayang kpd org terkasih dgn melihat dia lebih bahagia dengan orang yg dia cintai itulah cinta yg murnim di hati kita dan cinta tak akan tumbuh jika Allah yg maha BERKUASA atas segalanya tdk menghendakinya.

Cinta adalah perasaan yang timbul dimana adanya keinginan untuk saling mengerti dan memahami. Cinta merupakan anugerah terindah dari tuhan karena melalui cinta kita dapat merasakan keajaiban akan kehidupan mulai dari bahagia,sedih,sakit,menderita dll.

Sayang itu hampir mendekati cinta tp banyak orang yang salah mengartikan cinta dan sayang. cinta itu terjadi karena adanya getaran hati dalam artian terjadi secara alami dan sayang terjadi karena adanya sesuatu diri diri seseorg yg bisa membuat kt menjadi sayang dengan org itu.Kalo cinta sudah pasti sayang tapi kalo sayang belum tentu cinta.Dan ketika kita mencintai seseorang kita pasti akan memberikan yg terbaik buat org itu n berusaha mencintai org itu dgn cara yg sesempurna mungkin yg bs kita lakukan.

Sayang itu lebih abadi sifatnya. Ketika kita sayang dengan seseorang maka kita takut kehilangannya. Tetapi cinta bisa berubah menjadi benci. Rasa sayang membuat kita ingin memiliki dan dimiliki. Rasa cinta membuat kita ingin menguasai.

Cinta adalah membiarkan orang yang kita sayangi bahagia.. kalo kamu memang bener2 sayang ma orang itu jangan bikin dia terganggu dengan kehadiran kamu, biarkanlah dia pergi mencari kebahagiaanya sendiri apabila dia sadar kamu yang terbaik buat dia maka dia akan kembali dengan membawa kebahagiaan sejati.Rasa Sayang itu melebihi dari rasa suka,rasa cinta. tetapi kasih melibihi rasa sayang, karena kasih melebihi semua rasa itu.kasih itu panjang sabar,murah hati, dan tulus keluar dari hati.

Cinta adalah perasaan suka-menyukai karena sesuatu dalam diri orang lain yang membuat kita tertarik hati dan berkomitmen. Cinta lebih banyak mengandalkan keadaan seseorang tersebut dalam berinteraksi dengan kita. Lain kata, cinta itu bersifat pemberian yang pamrih.

Sayang lebih mendekati kata Kasih (mengasihi).Sayang itu tulus,rela,dan selalu melindungi. Tak pernah padam,tak pernah redup dan tak pernah dapat tergantikan oleh apapun.

Argument

Banyak yang mengira sayang dan cinta hampir sama. karena kegunaan dan bentuk pengukapan dalam segi rasa hampir sama.berbanding terbalik atau sangat mirip.Tapi setelah banyak pendapat ternyata bebeda fungsi, gunanya dan penempatan. Biasanya rasa sayang tumbuh lebih dahulu sebelum rasa cinta muncul. Tumbuhnya rasa sayang dan cinta semua tidak diketahui kapan dan sampai kapan, cinta definisanya tidak terbatas, jadi rasa cinta dan sayang itu jangan dibatasi sebab luas persepsinya.

Banyak bermunculan ide dan pendapat bahwa cinta dan sayang itu saling bertolak belakang. Rasa cinta dan sayang adalah pemberian tuhan kepada hambanya, karena adanya sayang dan cinta mungkin dunia ini akan begitu indah karena penghuninya memliki rasa diantara rasa yang sangat mulia. Munculnya cinta dan sayang bukan karena tanpa sebab, semua itu mungkin sudah direncanakan olehNya. Antara sayang dan cinta siapa saja pasti sudah bisa merasakan betapa indah, nikmat tentunya banyak yang di buat bahagia atasnya. Tapi juga dampak dari rasa sayang dan cinta mungkin banyak yang bilang sakit dan trauma bahkan sangat benci karena mengenalnya. Karena adanya cinta tiap manusia tentu bisa mengerti hal-hal yang mungkin akan efek dari kedua hal ini. Untuk memiliki cinta ini butuh tahap karena pada hakikatnya semua orang pingin mendapatkan cinta suci yang tinggi nilainya. Mungkin ketika kita melhat sesuatu yang indah akan berubah takjup, ingin memeliki dan hasrat untuk segara mempunyai.

Contoh saja,ketika kita sudah memliki pacar di depan kita sedang berdiri misal cewek/cowok cakep secara tidak sengaja kita sudah mengagumi sosok nya, hal itu wajar manusia di karunia panca indra mereka bisa merasa,melihat dsb. Ketertarikan akan sesuatu berevolusi menjadi ingin memiliki apa yang ada dalam hatinya yg menurut ia sangat mengasyikkan. “cinta” kedalaman hati dalam jiwa manusia buah dari ketertarikan dan rasa suka. kasih sayang adalah efek dari rasa suka dan cinta jadi tidak ada bedanya, hanya yg beda pengungkapan kasih sayang tersebut antara seorang ibu dengan anaknya, sepasang kekasih, seorang sahabat. perhatian, memeluk, mencium adalah eksperesi kasih sayang seseorang dan wajar jika terjadi dalam diri manusia, tetapi semua ada normanya untuk menjaga kesucian cinta agar tak terjangkiti oleh nafsu. so ini hanya sebuah pikiran, masih muda dan kawan2 aku juga muda. perbedaan suka, sayang, dan cinta bagus banget dirangakai dari hati yg dalam dan sebuah pengalaman dan sudah menjadi warna dalam kehidupan.

 

http://id.wikipedia.org/wiki/Cinta

Keysara Nurani
58411283
1IA07
Tugas IBD Bab 2

Selasa, 13 Maret 2012

On 02.10 by keysara   1 comment
KEPRIBADIAN BANGSA TIMUR
KEBUDAYAAN
·         Secara Umum
Pengertian Kebudayaan
Pengertian kebudayaan secara umum adalah merupakan jalan atau arah didalam bertindak dan berfikir untuk memenuhi kebutuhan hidup baik jasmani maupun rohani.
·         Menurut para ahli
Pengertian kebudayaan
1.     Edward B. Taylor
     Kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang didalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adapt istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat oleh seseorang sebagai anggota masyarakat.
2.        M. Jacobs dan B.J. Stern
    Kebudayaan mencakup keseluruhan yang meliputi bentuk teknologi sosial, ideologi, religi, dan   kesenian serta benda, yang kesemuanya merupakan warisan sosial.
3.       Koentjaraningrat
    Kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan relajar.
4.       Ki Hajar Dewantara
     Kebudayaan berarti buah budi manusia adalah hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat, yakni zaman dan alam yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran didalam hidup dan penghidupannya guna mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tertib dan damai.

·         Pokok-pokok yang terkandung dari beberapa devinisi kebudayaan
1. Kebudayaan yang terdapat antara umat manusia sangat beragam
2. Kebudayaan didapat dan diteruskan melalui pelajaran
3. Kebudayaan terjabarkan dari komponen-komponen biologi, psikologi dan sosiologi
4. Kebudayaan berstruktur dan terbagi dalam aspek-aspek kesenian, bahasa, adat istiadat
    Budaya, daerah dan budaya nasional
·         Sifat kebudayaan:
1. Etnosentis
2. Universal
3. Alkuturasi
4. Adaptif
5. Dinamis (flexibel)
6. Integratif (Integrasi)

KEPRIBADIAN BANGSA TIMUR
1.       Hospitality
     maksud dari sifat tersebut menunjukkan bahwa bangsa timur memiliki sifat yang ramah dan sopan serta mudah bersosialisasi dengan bangsa lainnya. Sikap peduli terhadap lingkungan sekitar membuat bangsa timur mudah bergaul berbeda dengan bangsa barat yang cenderung hidup lebih individualis.
2.       Hardworking
     pekerja keras merupakan sifat yang tidak bisa dianggap remeh. Bangsa Timur dikenal dengan orang-orangnya yang tidak mudah menyerah, rajin dan bersungguh sungguh saat melakukqan sesuatu apalagi yang berhubungan dengan pekerjaan.
3.       Religius & Well-cultured
    Bangsa timur juga terkenal karena keragaman ras dan kebudayaan. Tidak hanya menang kuantitas, hal utama yang menjadi pedoman hidup bangsa timur adalah tradisi dan agama. Karena keterikatan dengan adat dan budaya menjadikan pembatas individu-individu bangsa timur untuk mencapai potensi maksimalnya.
4.       Respect for Elders
     Bangsa timur dikenal dengan kesopanannya dan menjunjung tinggi norma kesopanan. Adat yang berlaku di lingkungna bangsa timur sangat berpengaruh terhadap kesopanan orang-orangnya.
5.       Diligent
     Karena bangsa timur dikenal pekerja keras dan rajin ini menyebabkan bangsa timur cerdas dan pantang menyerah.
6.    Attached to Norms
    Sebagai bangsa timur, dikenal amat menjunjung tinggi norma-norma. Bangsa timur
    cenderungjudgemental menyangkut hal-hal yang bertentangan dengan norma.
7.    Strong family Ties
    Kebanyakan orang-orang bangsa timur sangat bergantung pada keluarganya. Keluarga menjadi
    factor utama dalam hal mempertimbangkan banyak hal seperti urusan jodoh dan karir.

Kepribadian bangsa timur sangat identik dengan benua Asia khususnya Indonesia. Kepribadian bangsa timur identik menjunjung nilai kesopanan yang lebih tinggi dibanding budaya barat. Selain itu, kepribadian bangsa timur khususnya Indonesia juga lebih terbuka dan ramah tamah terhadap bangsa atau negara lain. Bangsa timur juga amat peduli dengan orang lain hal ini dibuktikan dengan adanya sikap saling tolong menolong dengan sesama dan bergotong royong. Dan kebanyakan masyarakatnya lebih agamis.
Ini sangat berbeda dengan kepribadian bangsa barat yang bersifat liberal serta lebih individualis dan egois dalam kehidupan bermasyarakat.

Argument
Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat berdiri sendiri. Manusia membutuhkan manusia lainnya untuk dapat berinteraksi dan bertahan hidup. Seperti yang selalu kita lakukan dan seluruh masyarakat pada bangsa timur terutama Indonesia. Masyarakat pada bangsa timur memiliki rasa kebersamaan yang kuat dan telah menjadi kepribadian bangsa timur.
Dengan kepribadian yang lebih sosialis bangsa timur lebih baik dalam lingkungan dan mudah dalam bersosialisasi tidak seperti bangsa barat yang cenderung lebih individualis karna keindividualisannya bangsa barat memiliki kepribadian yang cenderung lebih egois.
Kepribadian bangsa timur sangat menghormati orang-orang yang lebih tua, menghargai akan kerja keras sekecil apapun itu, rajin dan terutama di jepang. Rata-rata masyarakat jepang adalah pekerja keras dan sangat menghargai akan berharganya waktu.
Agamais dan bertradisi merupakan sesuatu yang sangat terlihat dari bangsa timur, agama menjadi pedoman masyarakat di timur, tradisi sangat dilestarikan karena dengan adanya tradisi munculah cikal bakal kehidupan dan warna dalam hidup
Norma, norma sangat dijunjung tinggi di dalam masyarakat timur melakukan hal-hal yang melanggar norma bahkan yang sudah menjadi larangan dalam agama merupakan hal yang amat sangat tabu dan menerima hukuman moral dari masyarakat. Masyarakat timur juga sangat bergantung dengan keluarga dalam arti menentukkan jalan hidup bahkan sampai pasangan hidup
Segala sesuatu yang terdapat di dalam masyarakat timur ditentukan adanya oleh kebudayaan yang dimiliki masyarakat itu. Di Indonesia banyak sekali kebudayaan dan kepribadianyang ada, karena seperti yang kita tahu bahwa Indonesia memiliki banyak sekali suku sehingga dengan sudah sangat pasti kebudayaannya pun berbeda.
Ideologi yang ada biasanya meliputi etika, norma, adat istiadat, peraturan hukum yang berfungsi sebagai pengarahan dan pengikat perilaku manusia atau masyarakat agar sesuai dengan kepribadian bangsa yang sopan, santun, ramah, dan tidak melakukan hal – hal yang dapat mencoreng kepribadian bangsa.
Sosial meliputi hubungan dan kegiatan sosial di dalam masyarakat. Sistem teknologi meliputi segala perhatian serta penggunaanya, sesuai dengan nilai budaya yang berlaku. Pada saat unsur-unsur masing-masing kebudayaan saling menyusup. Proses migrasi besar-besaran, dahulu kala, mempermudah berlangsungnya akulturasi tersebut.
Pada dasarnya masyarakat daerah timur dengan contoh Indonesia, sangat terbuka dan toleran terhadap bangsa lain, tetapi selama masih sesuai dengan norma, etika serta adat istiadat yang ada di Indonesia.
Saat ini kepribadian bangsa timur mulai bergeser karna pengaruh dari budaya barat, generasi saat ini sudah lebih terpengaruh dengan budaya barat sehingga melupakan jati diri mereka sendiri sebagai bangsa timur yang sudah memiliki kepribadian yang telah dijunjung sejak lama.
Pengaruh budaya budaya luar membuat kecintaan terhadap tanah air juga menjadi berkurang, banyak generasi muda yang lebih mencintai budaya negaa lain dibandingkan dengan budaya tanah air sendiri, tutur bahasa yang sudah jauh dari sopan santun, padahal bahasa adalah pribadi bangsa dan pemersatu bangsa dari banyaknya keanekaragaman budaya, adat, dan suku. Namun hal itu pun sudah dirusak, jangan sampai kita menyesal jika suatu saat nanti kita melupakan apa kepribadian negara ini serta jangan heran jika suatu saat nanti orangorang asing yang lebih menguasai kepribadian kita ini.
Kehidupan untuk bersosialisasi telah berkurang, masyarakat sudah lebih sibuk dengan kehidupan pribadi mereka dan pekerjaan mereka, karena kesibukkan dan sifat individualis yang lama lama tumbuh membuat masyarakat mengabaikan lingkungannya, sudah sangat jarang ditemukan lagi budaya gotong- royong di kota kota besar, dan hanya kaum kaum marjinal saja yang masih menjalaninya. Ini merupakan sudah bergantinya pola pikir
Generasi muda banyak yang memiliki anggapan bahwa jika kita tidak mengikuti gaya pergaulan dari barat,  kita adalah orang yang ketinggalan jaman, kehiduan malam bukan hal yang tabu lagi buat anak-anak jaman sekarang terutama anak-anak kota. Budaya timur yang agamais sopan dan tertutup lama-lama menghilang sendirinya melanggar norma mengabaikan apa yang diperintahkan oleh agama sudah tidak berpengaruh lagi bagi anak-anak jaman sekarang, dari segi berpakaian dan juga gaya hidu sudah berubah jauh. Jika hal ini terus dibiarkan kemungkinan anak cucu bangsa ini akan kehilangan kepribadian bangsanya sendiri
Pada umumnya generasi muda dianggap sebagai individu-individu yang cepat menerima unsur-unsur kebudayaan asing yang masuk melalui proses akulturasi. Sebaliknya generasi tua, dianggap sebagai orang-orang kolot yang sukar menerima unsur baru.
Generasi muda sangat memprihatinkan karena mereka tidak  bisa memilih mana budaya barat yang bisa merusak kepribadian bangsa sendiri. Kemungkinan hal ini terjadi dikarenakan kurangnya pengetahuan akan kepribadian menjadi orang timur sehingga proses masuknya budaya barat sangat cepat dan mendominasi budaya timur sendiri. Faktor lain yang menjadi masalah adalah kurangnya kesadaran generasi akan pentingnya peranan budaya lokal. Budaya lokal adalah identitas bangsa. Sebagai identitas bangsa, budaya lokal harus terus dijaga keaslian maupun kepemilikannya agar tidak dapat diakui oleh negara lain.
Tugas utama yang harus dibenahi adalah bagaimana mempertahankan, melestarikan, menjaga, serta mewarisi budaya lokal dengan sebaik-baiknya agar dapat memperkokoh budaya bangsa yang akan megharumkan nama Indonesia. Dan juga supaya budaya asli negara kita tidak diklaim oleg negara lain.

Nama    : Keysara Nurani
Npm      : 58411283
Kelas     : 1IA07

http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya