Sabtu, 10 November 2012

On 01.06 by keysara   1 comment


Blackberry Playbook dikenalkan oleh RIM pada bulan September 2011 tapi entah kenapa baru dirilis pada April 2012. Tablet ini rencananya akan dijadikan senjata penyelamat bagi RIM karena pada saat itu kondisi internal perusahaan asal Kanada sudah sangat terpuruk. Memang Blackberry agak terlambat dalam mengembangkan sebuah perangkat full layar sentuh yang menjalankan sistem operasi canggih. Kami akui RIM dengan Blackberry Playbook telah menciptakan sebuah produk yang benar – benar berbeda dari handset mereka. Daripada penasaran langsung saja kita bahas secara lebih lanjut Blackberry Playbook sebagai berikut.
Blackberry Playbook menjalankan sistem operasi baru yang bernama QNX berbeda dengan OS pada smartphone blackberry dan memiliki resolusi lebih besar. Memiliki fitur unik yang memberikan akses pada ponsel blackberry untuk membuka dan membuat email yang aman walaupun pada awalnya setup dilakukan cukup membingungkan. Blackberry Playbook memang terkesan terlambat rilis daripada iPad maupun Motorola Xoom. Untuk dapat menjalankan fitur RIM membenamkan prosesor berkecepatan tinggi 1 Ghz dual-core. Mau tau lebih lengkapnya mari kita ulas secara terperinci dibawah informasi tentang Blackberry Playbook.
Saat kita mengamati dengan seksama maka akan terlihat dua buah kamera yang satu menghadap kedepan beresolusi 3MP sedangkan di bagian belakang berukuran 5MP. Layar berdiagonal 7 inchi beresolusi 1200×600 yang mampu menampilkan warna lebih terang dan tajam dengan berat keseluruhan body 425 g. Fitur lain yang cukup menarik juga disematkan seperti gyroscop, accelerometer, dan sensor GPS.
Tablet ini sebenarnya cukup layak untuk dimiliki apalagi kita sudah mempunyai handset Blackberry. Kapasitas RAM sebesar 1GB memungkinkan kita lebih leluasa dalam menjalankan proses multitasking. Membuka aplikasi secara bersamaan tanpa harus menutup aplikasi yang telah kita buka lebih dulu. Saat digunakan untuk memutar video dan bermain game lain, keduanya berjalan secara bersamaan dengan baik. Sebenarnya ini merupakan terobosan dari RIM karena pada saat Blackberry Playbook diluncurkan masih belum ada tablet yang dapat bekerja seperti itu.
Media penyimpanan filenya mampu menampung data hingga 64GB, dukungan koneksi HDMI untuk memutar video 1080p juga berjalan lancar. Sayangnya, pengalaman menggunakan tablet ini secara keseluruhan masih kalah bersaing dengan iPad2 maupun Xoom bahkan masih kalah dengan Samsung Galaxy Tab.

Fitur










BlackBerry PlayBook dirancang secara khusus untuk menjadi perangkat bisnis mobile. Dimensi ukuran yang hanya 194 x 130 x 10 mm cukup kecil dapat digunakan hanya dengan satu tangan, mudah dimasukkan kedalam tas pinggang, bahkan kita bisa membawanya setiap hari. Walaupun layar berukuran kecil tapi tidak membuat film yang diputar menjadi buruk hanya saja tidak ada cukup ruang untuk menampilkan widget aplikasi.
Ada beberapa laporan dari pengguna bila browser bawaan memiliki masalah saat membuka banyak tab. Memang hal itu ada benarnya sehingga saat ini bagi pengguna BlackBerry Playbook bisa langsung mengupdate OS dengan versi terbaru yang lebih powerfull. Setelah melakukan update kendala sebelumnya sedikit terobati, dapat membuka 6 tab situs berbeda cukup lancar.

Interface dan Aplikasi









lain OS ini menunjukkan kinerja yang responsif.
Tapi entah kenapa RIM tidak melanjutkan seri Playbook terbaru padahal OS ini dirancang dengan sangat cerdas. Tidak sama seperti pabrikan lain seperti Samsung yang giat memproduksi pembaruan dari galaxy tab. Saat kita ingin membuka aplikasi lain yang telah terbuka pada multitasking proses geser kiri dan kanan sangat menakjubkan, kita bisa melihat video dan browser tampil dengan indah. Browser pada tablet ini sudah mendukung Adobe Flash saat diuji untuk memutar video di beberapa situs berjalan dengan baik.

Harga Blackberry Playbook

Kelebihan : Jika RIM berhasil mengajak developer aplikasi pihak ketiga untuk platform mereka seperti Skype dan Facebook bukan tak mungkin Playbook akan menjadi tablet yang diperhitungkan. Antarmuka QNX terlihat sangat memakau dengan gerak perpindahan dari screen satu ke yang lainnya cukup halus. Memiliki harga terjangkau, saat pertama kali diluncurkan dipatok dengan harga $500 kabarnya akan secara resmi hadir di Indonesia pada 16 Juli 2011.
Kekurangan : Belum berhasilnya RIM menggoda banyak pengembang game untuk platform QNX sehingga masih sedikit aplikasi yang tersedia di AppWorld. Jadi kemungkinan besar pengguna akan kecewa dengan hal ini karena platform lain seperti iOS dan Android sudah memiliki jutaan aplikasi sedangkan Blackberry Playbook hanya segelintir saja.
Kesimpulan : Harga Blackberry Playbook yang hanya $500 mungkin akan banyak menarik konsumen khususnya yang sudah jatuh hati pada perangkat blackberry lain. Tablet ini memang dikhususkan sebagai tablet bisnis yang kuat sehingga tak perlu kawatir soal performanya dalam menjalankan aplikasi bisnis yang sudah terintegrasi didalamnya.

Spesifikasi BlackBerry PlayBook

BlackBerry PlayBook
  • Sistem Operasi : BlackBerry Tablet OS
  • Fitur : Chipset TI OMAP 4430 ; CPU Dual-core 1 GHz Cortex-A9 ; GPU PowerVR SGX540
  • Jaringan : 2G ( bukan perangkat seluler )
  • Dimensi dan berat : 194 x 130 x 10 mm ; 425 g
  • Layar : 600 x 1024 pixels, 7.0 inches
  • Memori : 16/32/64 GB storage, 1 GB RAM ; Tidak ada slot MicroSD
  • Kamera : 5 MP (2592×1944 pixels ) dan 3 MP
  • Baterai : Li-Po 5300 mAh
http://www.eragadget.com/2012/07/07/blackberry-playbook

Keysara Nurani
58411283
On 00.58 by keysara   No comments
      

 

           Mungkin anak anak zaman sekarang, lebih cepat dalam mengenal dunia Internet beserta dengan gadget- gadget penunjangnya yang keren keren, berbeda sama zaman waktu gue dulu. Dulu gue aja baru tau soal Internet waktu kira kira gue SMP kelas 1 akhir, mungkin sekitar umur 11 tahun, norak ya ?? hehe. Tapi ya emang begitu adanya, gue juga bukan termasuk golongan kaum-kaum yang lelet dalam melek soal internet dan socmed yang lainnya. Waktu gue SD gue udah tau apa yang namanya google tapi ya gue belum mengenal lebih soal internet secara luas, gue tau google juga dikarenakan dulu suka dikasih tugas sm guru SD gue, tapi ya namanya masih bocah jadi ya masih polos-polos aja. hehe
Jangankan gue buat kenal Internet, dulu aja gue cuma tau caranya matiin sm hidupin komputer dan main game dan gue inget banget game yang gue mainin hangoroo. Oke itu adalah sekilas awal banget gue tau internet, kalo zaman sekarang anak SD aja udah punya semua socmed yang lagi trend saat ini dari facebook samapi twitter mungkin. hehe
Internet awalnya gue gunaiin ya cuma buat nyari tugas aja yang dikasih sama guru, tapi lama-lama gue sadar bahwa gue agak norak, kalo ditanya sama temen gue "eh punya friendster ga ?" dan pasti selalu gue jawab, "ga punya" :'(.......... Agak miris sih nah dari situ gue mulai buat email dan membuat account socmed gue pertama kali yaitu friendster, dulu friendster itu terkenal banget dan kalo lo udah punya friendster dan temen lo itu ratusan dengan layout yang keren dan tulisandan nama agak ababil dijamin pada saat itu lo merupakan anak GAUL. hehe
tapi kalo sekarang masih ngegunain friendster, siap siap aja lo dikatain temennya flintstone hehe, lo hidup dijaman apa brooo ?? :D
sekarangf friendster udah kalah pamor sama facebook, dan facebook mulai terkenal itu mungkin sekitar gue kelas 3SMP, sebenernya dari segala penampilan facebook dan friendster ga jauh beda tapi karna namanya lagi digandrungi sama banyak orang terutama orang-orang bule, makanya kita pengguna friendster pada pindah haluan ke facebook, dan sekaranf gue juga udah lupa mungkin sama password dan username gue di friendster itu apa.
Sebenernya penggunaan internet itu luas banget ga cuma buat socmed aja, tapi dengan lo menggunakan internet semaksimal mungkin kita bisa mendapatkan ilmu dan wawasan yang luas tanpa harus membayar dengan harga yang mahal. tapi kebanyakkan orang menggunakan internet hanya untuk socmednya saja, agak miris dan pemikiran seperti ini harus diubah sehingga kita bisa menjadi pribadi yang lebih cerdas.
jadi ini sedikit pengalaman gue dulu saat pertama kali melek soal internet, ga terlalu banyak tapi cukup mewakili keadaan gue dulu, hehe
cheerrrrsssss
keysara nurani
58411283