Rabu, 23 Juli 2014

On 01.16 by keysara   No comments
Speed Game

Untuk melengkapi tugas akhir semester mata kuliah softskill, dengan membuat atau mengedit game menggunakan bahasa processing ditentukan. Pada kali ini yang akan di edit adalah sebuah game bola dan diberikan nama baru menjadi Speed Game edit.

Disini akan dijelaskan tentang lingkungan program dari game ini.

Lingkungan Pemrograman

Lingkungan Pemrograman Processing terdiri dari teks editor terintegrasi dan jendela tampilan untuk menampilkan program. Jika tombol “run” ditekan, program akan mengkompilasi dan berjalan di jendela grafis (jendela tampilan). Dari jendela lingkugan utama, bisa menjalankan, menghentikan, menyimpan, membuka, dan mengeksport file.
Ini merupakan evironment dari game ini
Pemrograman
1.    Sistem Koordinat
Processing menggunakan sistem koordinat kartesian dengan titik asal terletak di sudut kiri-atas yaitu pada sumbu x dan y

·        Mode Statik


    Yaitu sebagai pembuat tambahan gambar statik di dalam program sebagai contoh mode statitk apabila            game over dikarenakan apabila game over maka ada kotak komunikasi muncul yang memberikan score       anda terkahir dalam permainan ini.

·         Mode Aktif


  Merupakan sebuah mode yang aktif digunakan selama program dijalankan  disini sebagai contoh                    dengan  sebuah ukuran bola dan aturan untuk posisi mouse berpindah selama progra m dijalankan dan  di          dalam program untuk mouse disimpan didalam variabel x dan y. Didalam void setup terdapat                      pengaturan untuk template game dan untuk selanjutnya tidak perlu mendeklarasikan kembali                        dikarenakan sudah terdeklrasi didalam mode aktif setup.



 Untuk Void draw merupakan sebuah kondisi dimana kondisi ini akan terus berjalan sampai program  berhenti berbeda dengan void setup yang berjalan di awal program dijalankan, disini void draw digunaka  sebagai kondisi pengaturan game.


 dan untuk deklarasi dari variabel speedX1 dan speed X2  speed Y1 dan Y2 diperuntukkan agar bola bisa  bergerak dengan cepat memantul sesuai dengan gerakan mouse dan tetap berada di dalam template game.

Sekian sedikitnya penjelasan lingkungan program game ini, diharapkan dapat membantu dalam mempelajari bahasa pemograman menggunakan bahasa processing

Keysara Nurani
581411283


Untuk melihat lebih jelas tentang game ini, dapat di lihat melalui video yang sudah kami buat dan kunjungi halamannya di youtube. Terimakasih ^^,






0 komentar:

Posting Komentar