Selasa, 04 November 2014

On 00.57 by keysara   No comments

Part 4 - Cabang-Cabang Disk Forensik

            Digital Forensik meliputi beberapa sub-cabang yang berkaitan dengan penyelidikan  berbagai jenis perangkat, media atau artefak.
  • 1.      Komputer Forensik

Tujuan dari komputer forensik adalah untuk menjelaskan keadaan saat ini artefak digital, seperti sistem komputer, media penyimpanan atau dokumen elektronik. Disiplin biasanya meliputi komputer, embedded system (perangkat digital dengan daya komputasi dasar dan memori onboard) dan statis memori (seperti pen drive USB). Forensik komputer dapat menangani berbagai informasi, mulai dari log (seperti sejarah internet) melalui file yang sebenarnya di drive.
  • 2.       Forensik Perangkat Mobile

Forensik perangkat mobile merupakan cabang sub-forensik digital yang berkaitan dengan pemulihan bukti digital atau data dari perangkat mobile. Ini berbeda dari komputer forensik dalam perangkat mobile akan memiliki sistem komunikasi inbuilt (misalnya GSM) dan biasanya, mekanisme penyimpanan proprietary. Investigasi biasanya fokus pada data sederhana seperti data panggilan dan komunikasi (SMS / Email) daripada mendalam pemulihan data yang dihapus. Perangkat mobile juga berguna untuk memberikan informasi lokasi, baik dari gps inbuilt / lokasi pelacakan atau melalui situs sel log, yang melacak perangkat dalam jangkauan mereka.
  • 3.      Jaringan Forensik

Jaringan forensik berkaitan dengan pemantauan dan analisis jaringan komputer lalu lintas, baik lokal dan WAN/internet, untuk tujuan pengumpulan informasi, pengumpulan bukti, atau deteksi intrusi. Lalu Lintas biasanya dicegat pada paket tingkat dan baik disimpan untuk analisis kemudian atau disaring secara real-time. Tidak seperti daerah lain jaringan data digital forensik sering stabil dan jarang login, membuat disiplin sering reaksioner.
  • 4.      Forensik Database

Forensik database adalah cabang dari forensik digital yang berkaitan dengan studi forensik database dan metadata mereka. Investigasi menggunakan isi database, file log dan RAM data untuk membangun waktu-line atau memulihkan informasi yang relevan.

Nama : Keysara Nurani
NPM : 58411283



Part 1: Bagus Satriyo
Part 2: Irena Herningtyas Irianti
Part 3: Junio Caesar Benovan
Part 4: Keysara Nurani
Part 5: Kurniawati Andari Putri

Part 6: Nur Aisyah Setyorini

0 komentar:

Posting Komentar